Tips Memilih Daging Ayam yang Benar dan Sehat

Tips Memilih Daging Ayam yang Benar dan Sehat

Jika anda ingin mengkonsumsi daging ayam untuk keluarga anda yang mana keluarga anda adalah pecinta ayam goreng untuk dijadikan lauk pauk, maka anda perlu tahu cara untuk memilih daging ayam yang baik dan sehat.

Meskipun gizi daging ayam tinggi, namun kita tetap harus hati-hati dalam memilihnya. Terlebih lagi kasus flu burung terkadang masih samar-samar terdengar dan terjadi di sekitar kita. Belum lagi ayam tiren (mati kemarin) yang dijual pedagang ‘nakal’. Salah mengonsumsi daging ayam dapat membawa dampak kurang baik pada kesehatan keluarga anda.

Untuk itu lebih aman membeli ayam mentah dengan bersandar pada ciri ciri daging baik dan sehat.  Sebaiknya membeli ayam harus memilih yang kulitnya masih tampak segar, lembut, pori kulitnya licin serta kakinya tidak memar. Dari segi daging maka pilihlah daging ayam yang sehat dan bersih pula, kulit nya putih kekuningan merata dibawah kulit, kesat, tidak berair, terasa elastis (bila ditekan jari, akan kembali seperti semula) dan memiliki aroma yang khas dan segar tidak berbau darah dan tidak berbau busuk.

Tips atau cara-cara dalam memilih daging ayam yang segar dan sehat yaitu:

  1. Cara memilih daging ayam yang segar adalah dengan menggosok kulit ayam, anda bisa menggunakan jari anda. Apabila ada rasa atau penampakan seperti tepung saat digosok maka anda patur curiga, karena ayam itu kemungkinan telah dicuci atau dilumuri bahan kimia. Sisa yang ditinggalkan tersebut merupakan bahan kimia yang tertinggal disaat pencucian yang kurang sempurna.
  2. Untuk mengetahui apakah daging ayam yang dibeli mengandung borak atau tidak, anda bisa melihat dengan cara mengamati apakah ada lalat yang hinggap pada daging ayam tersebut, jika tidak maka anda urungkan untuk membelinya, karena lalat sangat anti pada boraks.
  3. Daging ayam juga mempunyai bau khas, tidak perlu diangkat sampai pada hidung anda tapi cukup angkat agak mendekat maka anda bisa mencium baunya, bila yang dicium bau anyir maka segeralah pindah ke tempat penjual ayam ayam yang lain yang tidak berbau anyir.
  4. Dari segi warna daging, daging ayam yang baik adalah yang berwarna putih kream sedikit kemerahan.
  5. Coba anda tekan daging ayam yang akan anda beli, jika kembali kebentuk semula, kenyal maka daging ayam tersebut baik untuk anda beli. Jika daging sudah busuk, biasanya daging berlendir atau terlalu kering, ini akan berefek pada kekenyalan daging. Daging yang segara adalah daging yang kenyal.
  6. Untuk mengenail ayam tiren, anda bisa mengenalinya dengan cara yang lumayan mudah. Lihatlah warna bagian bawah sayap. Jika ayam tersebut merupakan ayam tiren, maka akan ada darah beku di bagian bawah sayap. Ini merupakan gumpalan darah yang merupakan efek dari tidak sempurnanya darah dikeluarkan dari ayam ketika dipotong setelah mati.

7.       Untuk  menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik anda membeli daging ayam langsung dari rumah pemotongan. Dengan demikian anda bisa memastikan bahwa daging ayam yang anda beli segar, sehat, dan aman dikonsumsi. Jika tidak, maka pastikan anda membeli pada penjual yang anda tau bisa dipercaya. Tapi selalu cek kembali dengan beberapa cara di atas.

  1. Dan ingat jangan terpengaruh dengan murahnya harga, karena bagaimana pun kualitas dan keamanan tetap menjadi nomor satu untuk keluarga.

Demikian tips untuk memilih daging ayam yang sehat dan baik untuk dikonsumsi sebagai makanan. Selain itu pengolahan daging ayang juga menentukan baik tidaknya daging ayam tersebut. Daging ayam segar biasanya harus dimasak empat sampai enam jam setelah dipotong, sedangkan ayam segar dingin hanya tahan 24 jam setelah dimasukkan kedalan lemari es, sedangkan ayam segar beku tahan beberapa hari jika disimpan dalam kondisi yang tepat 24ᵒ C di bawah nol.

Berdasarkan dari tips di atas, kami sebagai pengolah daging ayam, ,memberikan daging yang terbaik kepada anda. Karena kami mendapatkan daging ayam langsung dari peternak ayam yang sudah terpercaya hingga puluhan tahun. Dengan memilih seperti di atas, maka hasil dari pengolahan Ayam Goreng Bu Muryani memiliki rasa yang enak dan aman untuk dikonsumsi keluarga anda.



Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar