Pengolahan Ayam Goreng Kremes Jogja

Pengolahan Ayam Goreng Kremes Jogja

Daging ayam dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti ayam goreng kremes, ayam goreng bacem, ayam goreng laos, opor ayam, tongseng ayam, sate ayam, gulai ayam dan lain sebagainya. Namun yang akan kita bahas ini adalah ayam goreng kremes. Sebenarnya kalau dilihat dari namanya, yaitu ayam goreng kremes dimana ada kata kremes yang mengikutinya adalah ayam goreng yang diberi taburan kremes.

Jadi, ciri khas ayam goreng kremes adalah ayam goreng yang ditaburi kremes di atasnya. Atau ada juga yang kremesnya dibungkus plastik supaya lebih awet dan tidak mudah mlempem. Dalam pengolahan ayam goreng kremes ini lebih mengedepankan rasa yang gurih dari ayam tersebut. Sebelum digoreng, ayam telebih dahulu diungkep dengan berbagai macam bumbu dan rempah supaya menghasilkan rasa ayam yang nikmat. Tidak lupa juga harus mengutamakan kematangan daging ayam tersebut, supaya bagian dalam daging ayam bisa matang dengan baik. Karena ada beberapa kasus pengolahan yang kurang sempurna, sehingga proses masak tidak begitu baik yang mengakibatkan bagian dalam ayam tidak matang dengan baik.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengolahan ayam goreng supaya lebih matang dan enak adalah:

1.       Bumbu

Pergunakan bumbu dengan komposisi yang pas. Karena bila kurang atau berlebihan akan mengakibatkan rasa yang kurang enak. Jika kurang maka rasa gurih juga kurang, jika kelebihan maka rasa ayam akan seperti jamu.

2.       Durasi masak

Setiap jenis ayam memiliki lama durasi masak yang berbeda. Ayam kampung membutuhkan lebih lama durasi masah bila dibandingkan dengan ayam pedaging ataupun ayam merah. Kalau kurang lama maka bagian dalam akan terasa mentah, bila terlalu lama maka daging ayam akan rusak atau hancur.

3.       Besar kecil api kompor

Supaya hasil masak lebih baik diperlukan api kompor yang pas. Artinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Hal ini mempengaruhi lama atau durasi masak.

4.       Jenis perabot masak

Jenis perabot masak juga dapat berpengaruh pada hasil masakan. Durasi ungkep ayam dengan panci akan berbeda dengan menggunakan wajan.

5.       Jenis ayam

Setiap jenis ayam memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jenis ayam kampung sedikit lebih kenyal bila dibandingkan dengan ayam pedaging. Hal ini tentu akan berbeda jumlah bumbu maupun durasi pengolahan ayam.

 

Setelah ayam diungkep, proses selanjutnya yaitu ayam ditiriskan supaya kadar air berkurang. Kadar air juga akan berpengaruh pada rasa ayam goreng yang sudah matang. Setelah itu dilakukan proses penggorengan, penggorengan ayam goreng kremes berbeda dengan penggorengan ayam goreng pada umumnya. Perbedaan ini terletak pada bumbu dan cara penggorengannya.

Setelah ayam digoreng, lalu ayam ditaburi kremes yang sudah dibuat. Kremes ini dibuat menggunakan kuah dari pengungkepan ayam lalu ditambah beberapa jenis bumbu dan tepung. Hasilnya untuk menaburi ayam goreng tersebut.

 

Demikian sedikit artikel mengenai pengolahan ayam goreng kremes.

Terima kasih.

 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook

Twitter