Ingkung Ayam Khas Jogja

Ingkung Ayam Khas Jogja

Warisan kuliner nusantara yang satu ini sudah sangat terkenal hingga masa kini. Ingkung Ayam merupakan masakan tradisional yang masih eksis hingga sekarang. Ingkung Ayam adalah ayam utuh yang dimasak dengan kondisi ayam yang masih utuh namun sudah dibersihkan bulu dan isi jeroan ayamnya.


Ingkung adalah salah satu ubo rampe yang berupa ayam kampung yang dimasak utuh dan diberi bumbu opor, kelapa dan daun salam.Ingkung ini biasanya diletakkan di atas nasi uduk.Ingkung ini melambangkan bayi yang belum dilahirkan dengan demikian belum mempunyai kesalahan apa-apa atau masih suci. Selain itu ingkung juga dimaknai sebagai sikap pasrah dan menyerah atas kekuasaan Tuhan. Orang Jawa mengartikan kata ingkung dengan pengertian dibanda atau dibelenggu. Ubo rampe ingkung dimaksudkan untuk menyucikan orang yang punya hajat maupun tamu yang hadir pada acara selamatan tersebut.

Dengan menggunakan bumbu rempah yang komplit untuk membuat ingkung ayam mampu menciptakan rasa masakan yang luar biasa. Tidak heran jika banyak orang yang menyukainya. Dari masa nenek moyang kita masakan ini mungkin sudah dikenal, namun menurut kisah sejarahnya masakan ingkung ayam adalah salah satu masakan khas yang berasal dari wilayah Yogyakarta yang sudah dikenal sejak masa mataram mulai berdiri. 

 

Dahulunya ingkung ayam merupakan masakan wajib di dalam acara sakral dan penting seperti sedekah, kenduri, dll. Selain itu ingkung ayam dahulunya dinikmati dengan berbagi, sehingga semua orang kebagian jatahnya hanya sedkit. Menurut cerita, ingkung ayam adalah makanan paling enak dimasa lampau.

 

Bagi anda yang hidup di wilayah desa yang masih menjunjung tinggi nilai kebudayaan nenek moyang, biasanya selalu membuat ingkung ayam di berbagai acara penting. Namun sekarang masakan Ingkung Ayam juga dapat kita jumpai di resto-resto besar tentunya dengan harga yang lumayan mahal. 

 

Bagi anda yang ingin merasakan kenikmatan Ingkung Ayam, saat ini sudah tidak perlu khawatir harus menunggu lama hingga ada acara penting baru ada dan tidak perlu takut juga untuk membayar mahal hanya demi ingin menikmati kelezatannya. Karena kami menyediakan ayam ingkung yang nikmat untuk anda dengan harga yang murah.



Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar