Ayam Goreng Enak di Jogja

Ayam Goreng Enak di Jogja

Selain gudeg, ayam goreng merupakan makanan yang populer dan melegenda di Jogja. Hampir semua kalangan, baik tua maupun anak-anak, suka ayam goreng. Jika sedang berada di Jogja, coba beberapa restoran dengan ayam goreng enak di Jogja.

Makanan ini enak juga ramah di kantong. Karena rasanya yang gurih dan mudah dalam pengolahan, penganan ayam goreng mudah dijumpai. Mulai dari olahan rumahan, warung makan, restoran, bahkan sampai pedagang kaki lima pun menjual ayam goreng.

Berbagai Menu Olahan Ayam Goreng Enak di Jogja

Olahan ayam merupakan salah satu menu favorit sejuta umat. Selain karena bahan bakunya mudah ditemukan di pasaran Indonesia, harganya juga ekonomis. Dari segi gizi, daging ayam merupakan salah satu sumber protein yang baik.

Ditambah lagi daging ayam mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Berbagai olahan ayam seperti: ayam goreng (bacem, kremes, laos), tongseng, opor, gulai, sate ayam, atau lainnya selalu berhasil menggoda selera.

Oleh karena itu, hampir semua tempat makan menyediakan aneka olahan daging ayam. Menurut warisan resep leluhur, salah satu cara membuat olahan ayam yang enak adalah dengan membuat ayam ungkep terlebih dahulu.

Cara membuat ayam ungkep adalah dengan membersihkan ayam dari sisa kotoran dan darah yang melekat. Kemudian rebus daging ayam sampai ayam agak matang, ganti airnya.

Sambil menunggu rebusan ayam, haluskan bumbu dasar rempah yang mencakup: serai, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, daun salam, daun jeruk, jahe, dan lengkuas. Jangan lupakan garam, gula, juga kaldu ayam, untuk menambah gurih rasa masakan.

Setelah itu rebus kembali ayam bersama bumbu rempah yang sudah dihaluskan tadi dengan api kecil, pastikan ayam terendam. Rebus ayam agak lama, agar setiap rempahnya meresap ke dalam daging.

Cek rasa ketika kuah menyusut. Jika bumbu belum meresap, tambahkan lagi sedikit air. Setelah bumbu meresap, angkat ayam dan tiriskan. Simpan ayam di tempat yang aman sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Ayam dapat digoreng dadakan ketika akan disajikan. Panaskan minyak sampai uap minyak terlihat mengebul ke atas, lalu goreng ayam sebentar saja dan pastikan ayam terendam minyak.

Balik ayam sekali, lalu angkat dan tiriskan sebentar. Segera sajikan ketika masih hangat, sehingga harum bumbu dan rasanya yang 'fresh' dapat menambah selera makan. Ayam goreng yang diungkep terlebih dahulu rasanya gurih, enak, empuk dan lebih lezat.

Sementara jika ayam hanya dilumuri bumbu sebelum digoreng, rasa gurihnya hanya melekat di bagianĀ  kulitnya saja. Ayam goreng sangat cocok dihidangkan dengan lalapan dan sambal, atau oseng-oseng sayur, juga sayur sup.

Ayam goreng enak dimakan sebagai lauk, namun disantap langsung juga sama enaknya. Resep ayam goreng dapat dikreasikan menjadi beberapa macam masakan. Berikut beberapa menu ayam goreng enak di Jogja:

1. Ayam Goreng Kremes Utuh

Di Ayam Goreng Bu Muryani, ayam goreng kremes tersedia dalam tiga pilihan menu; sedang, besar, dan jumbo. Ayam kremes merupakan kreasi masakan ayam goreng yang disajikan dengan 'kremes'.

Kremes sendiri adalah olahan dari tepung sagu dan tepung beras yang diberi tambahan bumbu lainnya dan digoreng hingga kecoklatan. Menu olahan ayam ini jadi idola selain karena rasanya, juga karena aroma wangi kremes yang menggugah selera.

Tekstur kremes yang renyah dan rasa ayam yang gurih sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat. Terlebih lagi ketika ada acara keluarga, menu ayam kremes merupakan sajian yang istimewa.

2. Ayam Goreng Kampung

Ada dua jenis ayam yang diperjualbelikan untuk olahan ayam di Indonesia, ayam kampung dan ayam broiler (ayam negeri). Biasanya harga ayam kampung agak lebih mahal.

Daging ayam kampung terasa lebih gurih dan sehat. Sementara ayam broiler memiliki lebih banyak kandungan lemak, karena suntikan hormon dalam masa kembang-biaknya. Meskipun begitu, cara memasak yang baik akan dapat mengatasi kandungan lemak ini.

Di Ayam Goreng Bu Muryani, menu ayam goreng kampung tersedia dalam dua variasi, ayam goreng kampung utuh kremes, dan ayam goreng kampung utuh bacem, sudah termasuk lalapan dan sambal. Semua olahan enak dan sehat.

3. Ayam Goreng Utuh

Menu ayam goreng enak di Jogja ini merupakan ayam goreng biasa (ayam broiler), dengan tiga porsi: sedang, besar, dan jumbo. Untuk mendapatkan ayam goreng gurih dengan bumbu meresap sampai ketulang-tulangnya, tidak semua orang bisa melakukan.

Di Ayam Goreng Bu Muryani, ayam sudah dicuci bersih sebelum dimasak, sehingga tidak berbau amis. Kemudian melalui proses memasak yang higienis dan bumbu warisan nenek moyang.

Hal inilah yang menyebabkan rasa ayam gorengnya berbeda dengan ayam goreng lainnya. Cita rasa yang khas, perpaduan antara manis, gurih, dan asinnya pas di lidah!

4. Ayam Goreng Ater-ater

Ada begitu banyak tradisi di Indonesia, salah satunya adalah ater-ater dalam budaya masyarakat Jawa. Konsep tradisi ini sederhana yaitu mengantarkan makanan ke rumah tetangga dan kerabat untuk berbuka puasa atau ketika ada acara.

Ketika ater-ater diantarkan di bulan puasa, maka makanan tersebut dimaksudkan sebagai hidangan berbuka. Namun jika diantarkan ketika hajatan seperti pernikahan, kelahiran bayi, atau lainnya, makanan dikemas dalam wadah beserta identitas pengirim.

Dalam tradisi Jogjakarta, ada acara selapanan bayi untuk memperingati weton atau hari lahir bayi, dirayakan di hari ke 35 setelah bayi lahir. Dalam acara syukuran selapanan ini biasanya diadakan acara kenduri (perjamuan makan atau selamatan).

Pada prakteknya, sekarang ini masyarakat banyak yang terkendala waktu untuk mengurus konsumsi atau makanan ketika mempunyai acara. Untuk mengatasinya, kini sebagian besar masyarakat banyak yang beralih ke nasi box.

Jika merasa kesulitan dalam mencari katering yang enak dan sehat, hubungi Ayam Goreng Bu Muryani. Menu ater-ater tersedia dalam berbagai pilihan; ayam goreng utuh, atau ayam goreng dengan nasi.

Ada beragam menu ayam dengan pelengkap seperti lalapan dan sambal, juga bacem serta kerupuk. Termasuk aneka sayuran yang dapat dipilih sesuai alokasi dana dan selera. Selain itu tersedia juga menu lainnya. seperti bakmi, sambal goreng rempelo ati.

Bagaimana, jika tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut, bisa menghubungi website Ayam Goreng Bu Muryani di Ayamgorengjogja.

Hubungi admin di nomor yang tersedia jika ingin berdiskusi terlebih dahulu. Ayam Goreng Bu Muryani ini berlokasi di Wirokraman Rt 03/13, Sidokarto, Godean, Sleman, D.I. Yogyakarta.

Jika ingin melihat langsung ke lokasi pun bisa dilakukan. Chat melalui aplikasi Wa ataupun telpon untuk arahan lokasinya, akan direspon dengan baik. Admin akan melayani semua chat di media sosial Ayam Goreng Bu Muryani, seperti Facebook.

Jika ingin mengajukan proposal penawaran untuk dokumentasi perusahaan atau instansi juga bisa. Pengajuan proposal dapat dilakukan melalui email Ayam Goreng Bu Muryani. Mantap, bukan?

Ingat, semua orang memangĀ  bisa masak ayam, tapi tidak semua masakan enak dimakan. Rasakan menu ayam goreng enak di Jogja ini hanya di Ayam Goreng Bu Muryani. Rasanya yang khas pasti bikin nagih!



Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar